Minggu, 30 September 2012

pengertian port


     Port adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer sebagai jalur transfer data. Port berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan piranti diluar.

jenis-jenis port

  

keterangan :
A. Port ps/2 mouse
     Port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan mouse
.
Fungsi :
     Port ini digunakan untuk mouse dengan model lama.

B. Port ps/2 keyboard
     Port ini disebut dengan port serial type 2.

Fungsi :
     Port ini digunakan untuk menghubungkan keyboard.

C. Port USB
 
     Port USB (Universal Serial Bus) merupakan port yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan. Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.
fungsi port USB :
     Port ini dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera digital, printer, scanner, keyboard, mouse, zip drive dan sebagainya, port ini mempunyai kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial maupun port paralel.
 
D. Port Serial 
     Serial Port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port seri merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang. Penggunaan port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet.
fungsi serial port :
     1. menghubungkan antara peripheral (alat) computer lain dengan motherboard
     2. penghubung antara mouse dengan motherboard
     3. penghubung antara modem dengan motherboard
     4. mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari mainboard ke perangkat lainnya.

E. Port Parallel
     Parallel port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port paralel merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port serial. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. port paralel dapat menerima atau membaca data beberapa bit sekaligus melalui sejumlah kabel yang dimilikinya. Oleh sebab itu seara umum port paralel lebih cocok untuk alat yang melakukan banyak perpindahan data
port yang mempunyai kemampuan menteranfer data dengan kecepatan standart parallel port (SPP) 200 Kb / detik. Port parallel terdiri dari: LPT1, LPT2 dan LPT3. kabel konektor adalah 25 pin. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port.
Fungsi port paralel :
     1. penghubung motherboard dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams, Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu, port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

F. port VGA
 
     VGA (Video Graphics A) adalah perangkat Output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor. Artinya VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor.
fungsi port VGA :
     1. untuk menampilkan gambar dari komputer pada layar monitor Anda (monitor LCD, monitor CRT, proyektor, dll).

G. Port network (RJ-45) / Ethernet LAN Port

Fungsi port network (RJ-45) / Ethernet LAN port : 
     1. untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN)
     2. untuk menghubungkan CPU dengan jaringan komputer.
     3. untuk menyambungkan komputer dengan internet.

H. audio out jack
fungsi Audio out jack :
     1. sebagai port output suara.
I. microphone jack
     jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel
fungsi microphone jack :
     1. jack ini rear speaker out belakang.

J. Line in jack
 
     Jack line in (biru muda) menghuungkan ke tape player atau sumber audio
lainnya. Pada mode 6-channel.
fungsi line in jack :
     1. jack ini menjadai bass/tengah.







2 komentar:

  1. gan klo mau menghubungkan speaker+headset gimana..kan port nya cuma 1

    BalasHapus
  2. gan klo mau menghubungkan speaker+headset gimana..kan port nya cuma 1

    BalasHapus